Search
  • SPREAD Project

[SPREAD Review] Becoming

Selama masa pandemi Covid-19, membaca buku merupakan salah satu kegiatan yang menarik untuk dilakukan, loh! Tim SPREAD mencoba untuk mereview beberapa buku yang kami baca. Review di bawah ini akan ditulis oleh orang-orang berbeda dari perspektif yang berbeda juga. Semoga review ini bisa membantu kamu dalam memilih buku untuk menemani kamu selama masa pandemi di rumah, ya. Jangan lupa untuk terus melakukan social distancing dan menjaga kesehatan, teman-teman!


Becoming - Michelle Obama

Becoming

Michelle Obama

Genre: Nonfiksi, otobiografi

Tingkat kesulitan: 5/10


“It’s not about where you get yourself in the end. There’s power in allowing yourself to be known and heard, in owning your unique story, in using your authentic voice. And there’s grace in being willing to know and hear others. This, for me, is how we become.”


Meskipun Michelle Obama merupakan FLOTUS dari 2009-2014, jujur saja saya baru merasa penasaran dengan beliau ketika bukunya ini mulai menghiasi display toko-toko buku. Tahun lalu, gue akhirnya mendapat kesempatan untuk membaca autobiografi dari Michelle Obama dan Becoming sukses meninggalkan kesan khusus di hati gue.


Becoming berbicara mengenai perjalanan hidup Michelle Obama dari masa kecilnya, kisahnya mengenyam pendidikan, meniti karier, mengurus kehidupan berkeluarganya, pengalamannya menjadi First Lady, dan ditutup dengan kehidupannya pasca kembali menjadi warga negara biasa. Buku ini memang merupakan sebuah autobiografi, tapi gue menangkap pesan “self-achievement” dan “empowerment” yang sangat besar di dalamnya. Kisah hidupnya menunjukkan bahwa Michelle betul-betul merupakan warga negara biasa sebelum akhirnya menjalani hidup yang tidak biasa. This “ordinariness” of her is really what makes this book appealing, relevant, and encouraging. Menarik juga untuk diingat bahwa selama membaca buku ini, I see Michelle as an independently amazing woman, betul-betul terlepas dari statusnya yang diidentikan dengan Barack Obama.


Gue membaca buku ini di akhir masa kuliah, tepat sebelum memulai kehidupan berkarier profesional. Momen tersebut mungkin membuat isinya menjadi jauh lebih sentimental dan relevan buat gue. Becoming seakan memberi tahu bahwa masih banyak hal yang akan terjadi di hidup kita, and for me at that time: that graduating is really just another gate.


Review buku ini sudah dipublikasikan oleh @positivevibes.id di https://www.instagram.com/p/CAZcLCbhJRF/


+62 87888 402414

  • Instagram - White Circle
  • Twitter - White Circle
  • Facebook - White Circle

© 2016 by SPREAD Project.