Search
  • SPREAD Project

[SPREAD Review] Factfulness

Selama masa pandemi Covid-19, membaca buku merupakan salah satu kegiatan yang menarik untuk dilakukan, loh! Tim SPREAD mencoba untuk mereview beberapa buku yang kami baca. Review di bawah ini akan ditulis oleh orang-orang berbeda dari perspektif yang berbeda juga. Semoga review ini bisa membantu kamu dalam memilih buku untuk menemani kamu selama masa pandemi di rumah, ya. Jangan lupa untuk terus melakukan social distancing dan menjaga kesehatan, teman-teman!


Factfulness: Ten Reasons We're Wrong About the World--and Why Things Are Better Than You Think - Hans Rosling, Ola Rosling, and Anna Rosling Rönnlund

Factfulness: Ten Reasons We're Wrong About the World--and Why Things Are Better Than You Think

Hans Rosling, Ola Rosling, and Anna Rosling Rönnlund

Genre: Nonfiksi

Tingkat kesulitan: 6/10


"Claiming in that moment that things are getting better would be to trivialize the immense suffering of those victims and their families. In these situations we must forget the big picture and do everything we can to help."


Aura optimisme merupakan satu daya tarik tersendiri bagi buku ini. Hans Rosling, sang penulis buku, merupakan seorang ahli statistik yang terbiasa menghadapi banyak sekali data terkait dengan perkembangan berbagai negara di dunia. Pengalamannya tersebut membawa Rosling menyadari bahwa orang awam yang jarang berhubungan dengan data mungkin tidak menyadari bahwa keadaan dunia ini lebih baik dibanding yang mereka kira.


Sebagai seseorang yang seumur hidupnya tinggal di Indonesia, sejujurnya saya merasa buku ini tidak memberi insight yang sangat “wow” seperti kebanyakan review. Hal ini karena jelas-jelas Indonesia merupakan bagian dari dunia yang sering disalahpahami. Misalnya, Rosling menyajikan contoh mengenai orang yang tidak mengetahui bahwa angka harapan hidup di Asia ternyata tidak serendah yang mereka pikir. Bagi saya yang tinggal di Indonesia, jelas saja saya tau bahwa negara-negara Asia sudah jauh berkembang dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. Nevertheless, buku ini tetap menawarkan eye-opener karena menyajikan fakta-fakta menarik dari seluruh belahan dunia.


Poin paling menarik dari buku ini terdapat dari sepuluh prinsip yang ada di dalamnya. Factfulness menyajikan prinsip yang dapat membimbing pembaca untuk lebih “berpikir kritis”. Secara pribadi, dua prinsip dalam buku ini mungkin gue rasa sangat relevan dengan kondisi sekarang. Untuk berpikir kritis, kita harus 1) mencegah kebiasaan ‘menuduh’ (prinsip BLAME) tapi juga mampu 2) memahami urgensi dari sebuah kejadian (prinsip URGENCY). Delapan prinsip lainnya yang tidak kalah menarik bisa lo baca sendiri dari buku ini! 😊


Review buku ini telah dipublikasikan oleh @positivevibes.id di https://www.instagram.com/p/CAHT1QgBmJc/


+62 87888 402414

  • Instagram - White Circle
  • Twitter - White Circle
  • Facebook - White Circle

© 2016 by SPREAD Project.